Advertising

Saturday, February 16, 2013

Pengen Sperma Sehat, Ikuti Cara Ini...


Pola makan yang tidak sehat akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma, sehingga sulit terjadi pembuahan. Oleh karena itu jika ingin cepat hamil atau malah belum juga dikaruniai momongan, perhatikan pola makan pasangan Anda.

Apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh agar tingkat kesuburan berada titik maksimal? Diet yang seimbang akan mengembalikan kesuburan. Berikut ini adalah nutrisi yang baik bagi kesehatan sperma pria, seperti dari situs Baby Center.



Penuhi Kebutuhan Zinc
Sebuah studi membuktikan kekurangan zinc akan menyebabkan berkuranganya air mani dan kadar testoteron. Konsumsilah makanan yang kaya akan zinc seperti tiram, daging sapi, kacang panggang dan daging ayam kampung.

Tambahkan Asam Folat
Menurunnya kualitas sperma dapat disebabkan karena kurangnya asam folat dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat ini bisa dengan mengonsumsi multivitamin atau suplemen. Asam folat juga ada di makanan seperti sereal, sayuran hijau, jus jeruk dan kacang-kacangan.

Makanan yang Kaya akan Vitamin C
Vitamin C dan antioksidan lainnya membantu mencegah cacatnya sperma dan meningkatkan motilitas (kemampuan bergerak) dari sperma. Minumlah paling sedikit 90 mg vitamin c, dan bagi pria yang merokok minimal 125 mg setiap harinya.



Konsumsi Kalsium dan Vitamin D
Susu dan salmon diketahui memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu Anda bisa memberikan yogurt kepada pasangan. Konsumsilah 1.000 mg kalsium dan 400 microgram vitamin D.

Hindari Alkohol
Bagi pria yang terbiasa mengkonsumsi alkohol, sebaiknya kurangi. Apabila kadar alkohol dalam tubuh cukup banyak maka jumlah sprema yang abnormal akan semakin banyak serta mengurangi kadar testoteron. Riset lain juga menunjukan pria yang mengonsumsi alkohol secara rutin akan membuat berat badan bayi berkurang saat lahir. Berat badan bayi yang kurang ini menjadi salah satu masalah medis yang akan bayi rasakan kemudian hari.


Sumber

No comments:

Post a Comment