Advertising

Tuesday, February 5, 2013

Ungkap Rahasia Besar Tentang Otak Manusia

Sejatinya ada batasan ilmu apa yang bisa dan mampu manusia terima dan ada yang tidak mampu diterima manusia. Misalnya tentang masa depan, kehidupan setelah mati, tentang nyawa, sebenarnya itu adalah rahasia Tuhan. Namun kadang rasa ingin tahu manusia yang besar mendorong manusia untuk meneliti lebih jauh tentang hal tersebut.


Sebuah proyek ambisius siap dilakukan oleh sejumlah peneliti. Proyek yang dinamakan 'Human Brain Project' tersebut bertujuan membuat replika atas apa yang mampu dilakukan oleh sebuah otak manusia.



Namun replika otak manusia yang dimaksud tersebut sejatinya berbentuk sebuah simulasi yang akan dijalankan menggunakan sebuah super komputer.

Simulasi otak manusia tersebut dikembangkan guna mengetahui bagaimana cara otak manusia bekerja, misalnya saat digunakan untuk berpikir.
http://us.images.detik.com

Tidak tanggung-tanggung, demi mewujudkan rencana tersebut, dana sebesar USD 1,6 miliar telah disiapkan.

Bahkan dikatakan, proyek yang akan dikembangkan oleh 200 peneliti tersebut akan dikembangkan menggunakan hardware dengan kinerja di atas rata-rata karena super komputer tersebut konon akan memiliki kinerja seribu kali lebih tinggi dibanding superkomputer yang saat ini ada.

Dikutip dari Mashable, Senin (4/1/2013), tujuan proyek yang rencananya akan mulai berjalan akhir tahun 2013 tersebut guna mengungkap rahasia cara kerja otak manusia yang selama ini belum diketahui.

Sumber


No comments:

Post a Comment