Advertising

Tuesday, April 16, 2013

Amankah Mengkonsumsi Suplemen Peningkat Fungsi Otak? Ini jawabannya

Punya ingatan super, tidak gampang lupa adalah idaman setiap orang. Termasuk memiliki iQ tinggi juga menjadi impian setiap manuasia didunia ini. Ingatkah Anda pada film 'Limitless'? Di mana karakter Bradley Cooper Eddie Morra menemukan suplemen peningkat fungsi otak, yang kemudian ia berubah menjadi seseorang yang memiliki IQ super.

Memang tidak lantas membuat IQ menjadi super, namun suplemen ini banyak dijual secara online. Suplemen tersebut dikatakan dapat meningkatkan stamina, membuat daya pikir semakin tajam, serta membuat kondisi tubuh selalu kuat. Namun apakah konsumsi suplemen itu aman?

Suplemen semacam ini adalah stimulan yang serupa dengan kafein, termasuk di dalamnya Modafinil, obat yang awalnya dikembangkan untuk mengobati narkolepsi, serta Ritalin, yang digunakan untuk mengobati Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Proses kerja suplemen semacam ini adalah dengan meningkatkan daya pikir agar lebih efektif. Saat ini ada beberapa macam suplemen, namun yang paling umum adalah stimulan seperti Ritalin (methylphenidate) dan Adderall (garam amfetamin campuran). Suplemen ini dapat meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan meningkatkan memori. Singkatnya, untuk belajar lebih cepat. Obat lain seperti Provigil (modafinil), dapat membantu seseorang untuk tetap waspada ketika kurang tidur.
http://assets.kompas.com/data/photo/2013/02/05/1248377-suplemen-vit-p.jpg

Hal yang membuat orang ingin mengonsumsi suplemen ini adalah tingginya keyakinan bahwa dengan minum suplemen maka tidak akan dibutuhkan usaha lain, padahal hal seperti itu justru salah.

"Sesungguhnya untuk dapat meningkatkan kondisi tubuh, serta meningkatkan kecerdasan otak, tidak hanya dengan mengonsumsi suplemen. Tetapi dengan pola makan sehat, istirahat teratur, olahraga dengan tepat secara rutin, dan tentu saja banyak membaca," ujar John Harris, profesor bioetika The Institute For Science, Ethics And Innovation di The University of Manchester, seperti dikutip dari The Sun, Selasa (16/4/2013).

Sudah diketahui bahwa olahraga dapat meningkatkan kinerja otot sehingga kinerja otak pun terpengaruh dan membantu daya pikir menjadi lebih baik.

Obat-obatan yang sejauh ini tersedia seperti Ritalin, Adderal, dan Modafinil, semuanya cukup aman dalam bentuk murni. Ritalin telah digunakan selama lebih dari 30 tahun untuk anak-anak yang mengalami kondisi ADHD dan sejauh ini tidak ada masalah. Modafinil juga cukup aman untuk digunakan pada orang dewasa yang sehat.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, begitu juga dengan konsumsi suplemen. Suplemen tentu saja merupakan produk buatan yang tidak alami. Obat atau suplemen adalah senyawa sintetik yang diciptakan di laboratorium. Obat bisa menjadi relatif murah jika dibandingkan dengan alat bantu kognitif lainnya, seperti pendidikan atau teknologi digital. Namun tetap ada efek sampingnya, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Yang perlu diperhatikan adalah walaupun obat dikatakan terbukti aman dan efektif, namun tetap harus dipertimbangkan untuk penggunaan jangka panjang dan hanya diberikan pada orang dewasa yang sehat," ujar John Harris.

Sumber

No comments:

Post a Comment