Advertising

Friday, October 12, 2012

Peringatan Bagi Penggemar Kafein


Sebuah fakta mengenai minuman berwarna hitam bernama kopi sungguh mengesankan. Empat dari lima orang didunia ini mengkonsumsi kopi setiap harinya. Masalahnya minuman ini tak selamanya baik untuk tubuh. Apalagi jika sudah melebihi batas aman mengkonsumsinya.

Apakah Anda mengetahui batas aman konsumsi kafein harian Anda? Apakah Anda tahu berapa banyak kafein hingga disebut berlebihan? Pertimbangkan keterangan berikut ini tentang manfaat kafein dan berapa banyak kafein yang aman dikonsumsi setiap hari, seperti dilansir dalam Fitsugar.

Kafein memiliki banyak keuntungan, yaitu:


  • Menyediakan energi instan dan membantu Anda tetap fokus.
  • Membantu Anda berolahraga lebih lama dan lebih maksimal jika Anda mengonsumsinya sebelum latihan. Ini karena kafein dapat menutup sinyal kelelahan pada otot, dan membuat Anda merasa lebih mudah melakukan latihan kardio dan latihan kekuatan.
  • Memberikan dorongan sementara dalam metabolisme. Kafein dalam satu cangkir kopi meningkatkan 15 persen metabolisme dan membakar 15 – 25 kalori ekstra.
  • Mencegah penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan, kafein dalam kopi dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Sebuah penelitian baru menemukan, wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi berkafein per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena depresi selama masa penelitian 10 tahun, dibandingkan dengan wanita yang hanya mengonsumsi satu cangkir atau kurang per hari. Wanita yang minum kopi tanpa kafein tidak menunjukkan penurunan yang sama di tingkat depresi.
Namun, kafein yang berlebihan memiliki efek negatif pada tubuh, misalnya.


  • Mengganggu tidur. Bagi orang-orang yang sensitif terhadap efek dari kafein, mereka mungkin saja mengalami kesulitan tidur.
  • Menyebabkan kecemasan dan kegelisahan. Jika diminum dalam batas normal, kafein dapat memberikan energi secara cepat. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan perasaan cemas.
  • Memicup sakit perut. Jika terlalu banyak kafein yang dikonsumsi, terutama saat perut kosong, dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan.
  • Penyebab sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. Sementara itu, penelitian telah menunjukkan sedikit kafein sangat membantu untuk fokus dan berkonsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein malahan dapat menyebabkan efek sebaliknya.
  • Membuat denyut jantung tidak teratur. Ketika Anda mengonsumsi kafein (misalnya pil diet), ini dapat menyebabkan jantung berdetak sangat cepat atau menyebabkan denyut jantung tidak teratur.
Berapa banyak kafein disebut berlebihan?

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, bagi kebanyakan orang, 200 – 300 mikrogram kafein per hari (dua atau tiga cangkir kopi) tidak akan menimbulkan efek negatif. Seperti makanan secara umum, asupan kafein yang direkomendasikan adalah dalam jumlah moderat.

Jika Anda kecanduan kafein di pagi hari, cobalah langkah-langkah berikut untuk mengurangi konsumsi kopi:


  • Kurangi asupan kafein dengan mencampurkan setengah kopi tanpa kafein dan kopi biasa.
  • Ganti kopi dengan teh tanpa kafein atau teh herbal.
  • Kurangi sumber-sumber kafein seperti soda, cokelat, dan beberapa obat yang mengandung kafein.

Sudah berapa cangkir kopi yang Anda minum hari ini?
Sumber

No comments:

Post a Comment