Advertising

Tuesday, October 2, 2012

Unik! Salju Di Atas Padang Pasir

Membaca judul diatas seperti nya hanya bualan saja ya? Mana mungkin ada salju di padang pasir. Tapi ternyata benar adanya lho...Ini bukan rekayasa. Hanya saja tempatnya bukan di Indonesia, jadi jika ingin membuktikannya mesti menempuh perjalanan yang jauh.


Padang pasir identik dengan hawa yang panas, sedangkan gunung salju lekat dengan bayangan suhu mengigil. Namun di Siberia, Rusia, ada pemandangan aneh tapi nyata. Di sana ada pegunungan salju yang memiliki padang pasir.

Tempat unik itu adalah Chara Sands atau Padang Pasir Chara. Letaknya sekitar 40 km dari Gunung Kodar, kawasan Trans-Baikal, Pegunungan Siberia, Rusia. Padang pasir ini luasnya sekitar 37 km2 dan menjadi potret kontras.

Ada padang pasir, tapi ada salju di sana-sini. Warna putih salju, tampil kontras dengan pasir coklat menjadikan suasana yang tidak ditemukan di belahan lain di dunia. Salju dan batu, atau padang pasir dan batu, mungkin banyak di dunia ini. Tapi salju dan padang pasir hanya ada di Chara Sands.

Dari situs Oddity Central, Selasa (2/10/2012) Chara Sands menarik perhatian wisatawan yang ingin melihat keajaiban alam ini. Bukit-bukit pasir di Chara Sands bisa menjulang 15-30 meter. Gundukan pasir ini benar-benar terlihat seperti padang pasir yang ada di Benua Afrika.

Tetapi, tidak ada unta di sini. Malahan, Anda mungkin akan melihat rusa atau beruang Siberia di Chara Sands. Ini adalah padang pasir yang dingin.

Saat musim dingin, akan ada lebih banyak salju menutupi padang pasir Chara Sands. Namun saat musim panas, salju agak berkurang dan padang pasir ini lebih kentara terlihat. Namun di pegunungan di sekitarnya, salju tetap tebal seperti biasa.

Diduga, gurun pasir ini terbentuk sekitar 50 atau 100 ribu tahun yang lalu. Dahulu ada delta dari sebuah danau purba yang kemudian terkikis oleh angin dan cuaca. Kikisan tersebut menghasilkan bukit-bukit kecil dan juga padang pasir ini.

Kadang, gurun ini juga tertutup salju terutama saat musim dingin menyapa. Namun, salju tidak pernah betah lama-lama di sana. Selesai musim dingin, gurun ini kembali memesona dengan menjadi anomali dan siap memuaskan rasa penasaran para wisatawan.

Wisatawan bisa ke tempat ini dari kota terdekat, yaitu Kota Chara. Dari Chara, padang pasir ini tinggal berjarak 6 km lagi. Wah lumayan tuh..Mau coba? Silahkan...


Sumber

1 comment:

  1. Normal kalau salju turun di Pegunungan saat Musim Dingin di Sub Tropik. Western Sahara dan Middle East banyak Ski Resort dan dibangun tahun 1930an. Mindset orang Indonesia saja yang keliru dan mengeneralisasi semua Timur Tengah dan Sahara Panas, padahal saat musim dingin bisa 0 Deg C dan lebih rendah lagi diatas gunung, apalagi semakin ke utara. Baca Tempat Tempat Bersalju Di Sahara Dan Arab - Timur Tengah di link ini : Tempat Bersalju Di Sahara Dan Arab - Timur Tengah

    ReplyDelete