Advertising

Friday, October 12, 2012

Sebelum Tidur, Apa Yang Anda Lakukan?

Diet memerlukan kerja keras dan konsistensi. Apakah anda setuju? Maka mulai sekarang perhatikan hal-hal kecil yang bisa mempengaruhi proses diet anda berhasil atau malah sia-sia. Kali ini kita akan membahas aktifitas yang kita lakukan sebelum tidur.


Jika kita merasa ritual sebelum tidur adalah penyebab kenaikan berat badan, maka wajib untuk mengubah kebiasaan itu. Hentikan konsumsi camilan, junk food, alkohol, dan semua permen. Rutinitas malam seperti itu tentu saja dapat merusak tubuh kita.

Kita mungkin saja berhasil menahan nafsu makan di pagi dan sore hari. Tapi godaan rasa lapar di malam hari terkadang sulit untuk dihindari. Ini pasti akan merusak program diet kita. Meskipun sesekali hal ini masih bisa “diampuni”, tetapi jika terus-terusan, hasilnya bisa dilihat pada kenaikan berat badan.

Cobalah lakukan beberapa saran berikut ini sebelum tidur, untuk mendapatkna bentuk tubuh yang ideal.

Konsumsi susu atau teh.
Hindari segala bentuk alkohol, terutama pada malam hari. Efek alkohol dapat mengganggu kualitas tidur, juga menambah kalori ekstra untuk tubuh. Sebaiknya mengonsumsi susu hangat dan taburi dengan sedikit bubuk kayu manis. Atau pilih secangkir teh herbal. Jangan lupa untuk melakukan sedikit peregangan dan latihan pernapasan ringan.

Rencanakan untuk pagi hari.
Sediakan waktu lima menit untuk membuat agenda pagi Anda. Termasuk tempat sarapan dan menu untuk menghindari godaan yang mungkin terjadi. Atau persiapkan apa yang perlu Anda pakai untuk bekerja di esok pagi.

Jurnal makanan.
Mungkin baik bagi Anda memiliki jurnal makan pribadi. Hal ini sangat berguna sebagai kontrol terbaik mengurangi berat badan. Sebelum tidur, tulis kembali apa pilihan makanan yang Anda makan sepanjang hari. Jurnal ini dapat membuat Anda lebih sadar dan teliti soal pilihan makanan. Bisa juga menjadi pengingat dan motivasi untuk terus mempertahankan pilihan makanan sehat.

No comments:

Post a Comment