Advertising

Tuesday, September 11, 2012

Bagaimana Cara Agar Tidur Berkualitas?

Menjadi seorang pebisnis dan manusia di zaman modern dewasa ini membuat sebagian besar orang mengalami penurunan kualitas tidur. Sudah menjadi rahasia umum kualitas tidur yang bagus menjadi salah satu syarat mempunyai tubuh sehat. Lalu bagaimana bagi kita para pekerja keras yang hanya memiliki sedikit waktu untuk beristirahat tidur.

Seperti yang disampaikan Dr. Michael Breus seorang ahli kecantikan dan tidur tentang bagaimana cra agar memiliki tidur yang berkualitas, meskipun tidak memiliki waktu cukup lama. Memiliki kualitas tidur yang berkualitas selain bisa membuat tubuh sehat, juga bisa menjadi perawatan kecantikan alami dari tubuh.

1. Bangun Rutin.
Bangun tidur di waktu yang sama setiap hari. Set tubuh anda pada jadwal tidur yang tepat tanpa memperhatikan mulai kapan anda tidur. Hal ini tentunya mesti dilatih agar terbiasa. Hingga anda mencapai tingkat bisa bangun tidur dengan sendirinya tanpa bantuan alarm jam beker.

2. Biarkan Matahari Menyinari Anda.
Bisa saat anda masih dikamar, lalu sinar matahari menyinari anda saat anda bangun. Atau jika tidak memungkinkan usahakan anda mendapatkan sinar matahari langsung saat keluar rumah selama palng tidak 15 menit. Hal ini bertujuan tubuh seakan mengatur ulang jam di dalam tubuh.

3. Tidur Siang dan Sedikit Kopi.
Minum sedikit kopi (kurang dari satu cangkir kopi), lalu ikuti dengan tidur siang minimal 20 menit tiap siang hari. Hal ini bisa membuat tubuh anda seperti melakukan penyegaran di saat anda lelah.

4. Buat Jadwal Minum Kopi.
Hilangkan kafein setelah pukul 02.00 WIB dan berhenti olahraga empat jam sebelum tidur.

5. Buat Nyaman Tempat Tidur.
Bersihkan kamar anda. Orang akan tidur lebih baik jika tidur ditempat yang bersih dan rapi. Ganti sprei anda setidaknya seminggu sekali. Investasikan penghasilan anda untuk membeli matras tidur dan bantal yang nyaman untuk tidur anda.

6. Hilangkan Pikiran Berat.
Matikan email, matikan laptop, video game, televisi, rekening tagihan, arsip pekerjaan anda setidaknya 20 menit sebelum anda tidur. Gunakan waktu itu untuk relaksasi pikiran anda, dan berhentilah berpikir berat.

7. Tonton Acara Ringan.
Namun ada juga orang yang perlu berpikir dulu sebelum bisa tidur pulas. Yang paling sering ditemui adalah mereka yang harus menonton televisi dulu sebelum dan saat akan tidur. Jika anda termasuk kategori ini, pilihlah acara yang ringan saja, yang tidak perlu berpikir berat. Misalnya komedi, film kartun, reality show ringan.

8. Baca Buku.
Ada juga golongan orang yang baru bisa tidur jika setelah baca buku. Bacalah buku yang ringan saja beritanya. Jangan terlalu berat. Buku fiksi, humor, komik lucu, dsb.

9. Hindari Obat Tidur.
Jangan pernah memakai bantuan obat tidur jika anda kesulitan untuk tidur. Hal itu hanya akan menimbulkan ketagihan dan jantung lemah. Efek jangka pendeknya obat penenang bisa membuat anda grogi selama 12 jam setelah minum. 

10. Hindari Melatonin.
Jika zat yang tidak alami dilarang, zat alami dari tubuh pun tidak disarankan. Alami tidak berarti aman. Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur dan aman jika digunakan dengan benar. Namun berbahaya jika sampai dosis tinggi. 


Sumber

No comments:

Post a Comment

Post a Comment