Advertising

Friday, September 28, 2012

Tidur Yang Sehat Adalah Tidur Efektif


Pernahkah sahabat alqo mengeluhkan kondisi badan yang malah tidak nyaman setelah bangun tidur pada pagi hari? Mencari penyebabnya lalu mencari solusi terbaiknya adalah jalan terbaiknya.

Sebetulnya apa yang terjadi ketika kita sudah tidur selama 9 jam penuh, tidak bermimpi buruk, tidak kesulitan untuk bernapas, tapi tubuh masih terasa letih ketika bangun pagi? Ternyata tidur lelap tidak cukup. Kita membutuhkan tidur yang efektif. Dengan kata lain, tidur kita tidak cukup "dalam".

Kabar bahagianya adalah, kita bisa mengkondisikan tidur yang semula hanya pulas menjadi lebih efektif. Salah satu cara adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang benar. Makanan dapat menjadi pendukung yang kuat untuk membuat tidur kita efektif. Beberapa penderita insomnia tidak bisa tidur karena kadar gula dalam darahnya terlalu rendah, misalnya.

Berikut adalah problem-problem tidur yang bisa diatasi dengan memilih asupan makanan yang benar.

Kesulitan tidur.

Solusinya adalah dengan sering-sering menyamil montmorency cherry. Ini adalah jenis ceri yang asam. Warna ceri jenis ini tidak segelap ceri yang biasanya ada di toko. Ceri ini tepat untuk orang-orang yang sulit tidur karena memiliki kandungan melatonin 6 kali lebih banyak dibandingkan ceri biasa.

Melatonin adalah suatu hormon yang diproduksi di kelenjar otak kita. Saat hari gelap, mata kita akan merasakan perubahan cahaya dan mulai memproduksi hormon ini, yang mengomunikasikan diri ke tubuh agar tertidur. Nah, melatonin membantu kita mempertahankan ritme yang seperti ini; siang terjaga dan malam tertidur; dengan baik.

Kesulitan tetap mengantuk.

Solusinya adalah serbuk biji labu. Ia memiliki kandungan amino acid tryptophan yang tinggi. Tryptophan adalah asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin yang merelaksasi tubuh. Biji labu juga mengandung seng, yang membantu otak untuk mengubah tryptophan menjadi serotonin. Kadar serotonin rendah-lah yang membuat seseorang sulit terlelap dan kerap terbangun di malam hari.

Keletihan dan kurang tidur.

Coba konsumsi scottish oatmeal. Ini adalah sereal gandum yang terbuat dari rempah Avena sativa. Avena dikenal sebagai obat herbal tradisional yang bernutrisi tinggi dan mampu menenangkan sistem saraf lelah kita.

Sementara oatmeal sendiri mengandung karbohidrat dan melatonin yang membantu tryptophan dapat masuk ke otak, serta membuat kita terlelap. Kalau kita berpikir oatmeal hanya cocok untuk menjadi teman sarapan, ia juga adalah pilihan cerdas untuk camilan sebelum tidur.

Masalah hormon.

Dandelion bisa jadi solusi. Dandelion mengandung nutrisi yang tinggi. Ia bisa menjadi obat berharga untuk membantu tidur kita. Jadi, sekarang jangan ragu memasukkan dandelion sebagai daftar menu makan kita.

Semoga dengan adanya info ini tidur kita menjadi lebih efektif dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment