Advertising

Sunday, September 30, 2012

Kopi Mantap Buatan Sendiri


Seperti alm. Mbah Surip yang konon adalah penikmat kopi yang ulung, kita pun kadang juga menikmati minuman satu ini. Kopi, untuk masyarakat Indonesia, bahkan dunia, adalah salah satu minuman nikmat yang paling digemari. Wujudnya bisa beragam, mulai dari kopi orisinal (kopi hitam), latte, cappuccino, dan lain-lain.

Kita lalu kerap berburu warung kopi-warung kopi yang, khusus di Jakarta, sedang 'menjamur'. Anda bisa sebut Anomali Coffee, Bakoel Koffie, Koffie Huis, Coffee War, That's Life Coffee, Warung Kopi Nusantara, Djuragan Coffee, atau Kopitiam Oey sebagai jajaran warung kopi yang bisa jadi sasaran Anda untuk menyicip kopi-kopi nikmat.

Tapi tahukah Anda kalau Anda bisa meracik sendiri dengan rasa yang tidak kalah nikmat?

Sahabat bisa mengintip sebuah resep untuk es kopi idaman diwebsite yang menyediakan resep minuman dan makanan. Mereka menyebutnya dengan "Perfect Ice Coffee". Seberapa sempurna? Anda mungkin harus mencobanya sendiri. Begini langkah-langkah untuk secangkir es kopi sempurna.

Hal yang paling mendasar, jelas, adalah menyeduh kopinya. Perihal banyaknya, tergantung Anda ingin membuat untuk berapa banyak gelas. Anda bisa mengira-ngiranya sendiri. Lalu, kalikan dua untuk membuat trik rahasia dari resep ini.

Ini trik rahasianya: kopi yang sudah diseduh tadi (dan sudah didinginkan) silakan dimasukkan dalam cetakan es. Isi sampai penuh, lalu masukkan freezer.

Anggap saja kopi dalam cetakan itu sudah membeku. Setelah itu, isi gelas Anda dengan kopi-kopi beku dari cetakan es itu. Lalu, tuangkan seduhan kopi sebanyak 2/3 gelas. Sisa bagiannya, yaitu 1/3 gelasnya, masukkan susu. Komposisinya bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda, sebetulnya.

Jika Anda penyuka manis, silakan tambahkan lagi dengan gula. Sekali lagi, sesuai selera Anda. Aduk dengan baik, dan ... selesai. Selamat mencoba es kopi sempurna buatan Anda sendiri. Mantap bukan? Semoga bermanfaat.


Sumber

No comments:

Post a Comment