Advertising

Sunday, September 2, 2012

Malas Kerja Di Hari Senin? Ini Penyebab dan Solusinya



Duh..sudah masuk hari minggu malam, besok sudah kerja lagi...Cepat banget sih waktu ini berputar..

Pernah mengeluh seperti ilustrasi diatas? Sering ya? Tak perlu malu. Setiap orang pernah mengalaminya. Padahal tidak ada acara khusus yang membosankan tetapi masih saja rasa malas saat minggu malam selalu datang menghantui kita. Apa sih sebenarnya penyebabnya?

Penelitian terbaru menyebutkan, membayar hutang tidur selama sepekan di akhir pekan hanya akan menjadi bumerang buat kita. Hal itu akan membuat rasa malas kembali bekerja di hari Senin datang lagi. Bahkan rasa malas itu bertahan sampai hari Rabu. Waduh gawat!

Seiring waktu karena dilakukan terus menerus, perubahan pola tidur akan menambah berat badan seseorang dan akan meningkatkan kecenderungan merokok dan minum kopi bagi yang mengkonsumsi. Hal ini disebut Social Jet Lag. 

Kesimpulan diatas diambil dari penelitian yang dilakukan di Rush University di Chicago mengenai perubahan pola tidur seseorang mempengaruhi reaksi seseorang terhadap waktu. Perubahan waktu tidur selama dua jam akan berpengaruh kepada mood di minggu depan yang jelek.




"Tidur panjang di akhir minggu adalah sebuah proses seseorang mengubah waktu tidur. Ini bukan masalah. Tetapi yang akan menjadi masalah adalah ketika mendadak ia harus bangun sangat pagi di hari Senin dan mempercepat segalanya," seperti yang dikatakan oleh pemimpin penelitian ini, Helen Burgess.

Frase "social jet lag" dicetuskan oleh seorang peneliti Jerman, Till Roenneberg yang menjelaskan fenomena tidur "balas dendam" di akhir minggu bisa berakibat buruk bagi kesehatan, dan meningkatkan kemungkinan seseorang mengkonsumsi minuman keras, merokok, serta mengandalkan minuman berkafein. Namun yakinlah semua itu bisa dirubah, tergantung kemauan keras dari diri kita.

Studi Roenneberg terhadap sekitar 65 ribu perempuan dan lelaki menemukan, waktu tidur yang berubah-ubah sepanjang minggu dan akhir pekan meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami berat badan berlebih sebanyak tiga kali lipat dibanding mereka yang waktu tidurnya teratur. Wah cocok bagi anda yang ingin menggemukkan badan.

Lalu bagaimana cara untuk mengubah mindset "I hate Monday" ini.
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu:


  • Bayangkan hal menyenangkan saat akan tidur Minggu malam. Bayangkan bagaimana cerianya bertemu teman-teman kantor dan bercanda dengan mereka. Jangan pernah memikirkan tugas dan kesibukan di hari senin. Tentunya semua tugas yang harus diselesaikan dan dibawa besok senin sudah selesai paling tidak minggu pagi.
  • Buat rencana menyenangkan di hari Senin setelah pulang kerja. Misalnya hang out bareng teman, karaoke bareng teman, dinner romantis bareng pasangan, atau melakukan hobbi sepulang kerja.
  • Persiapkan keperluan seperti tas, sepatu, seragam, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan esok senin pada minggu malam.
  • Gunakan baju warna cerah untuk mengubah mood anda di Senin pagi menjadi lebih ceria. Tentu saja jika tempat kerja anda tidak memakai seragam khusus. jika memakai seragam, pakailah aksesosries yang menarik.
  • Jangan lupa sarapan di Senin pagi. Untuk menambah energi kita mengarungi minggu baru.
  • Putar lagu favorite anda sambil mengiringi perjalanan anda di Senin pagi menuju kantor. Jika memungkinkan, pilih yang bernuansa semangat.
  • Sesampai anda dikantor, sapa teman kerja anda dan lemparkan senyum pada mereka, tunjukkan semangat anda Senin ini, dan anda pun siap mencari rezeki.
Semoga bermanfaat.



Sumber
Sumber

No comments:

Post a Comment