Advertising

Friday, September 21, 2012

Sedang Diet, Makan Makanan Ini


Sahabat Alqo sedang menjalani program diet yah? Dapat informasi darimana? Pastikan Sahabat dapat petunjuk dari pihak yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Karena jika tidak biasanya program yang dianjurkan malah membuat kita yang menjalani tersiksa, nutrisi yang dibutuhkan tubuh malah berkurang lho..

Cara paling benar adalah mengatur pola makan dengan tidak memangkas semua nutrisi penting yang diperlukan, hanya saja membatasi atau mengurangi porsinya. Ini dia jenis makanan yang harus tetap Sahabat konsumsi untuk program penurunan berat badan yang sehat, seperti dikutip dari Livestrong.

1. Buah dan Sayur Mayur
Makan sayur dan buah tidak boleh ditinggalkan saat program penurunan berat badan karena tinggi kandungan vitamin, mineral dan serat. Plus, jenis sayuran tertentu seperti brokoli, kacang hijau, wortel dan dedaunan hijau hanya mengandung sedikit kalori. Makan empat sampai lima porsi sayur dan buah setiap hari membuat perut terasa penuh tanpa harus mengonsumsi banyak kalori. Karena sudah merasa kenyang, otomatis keinginan Sahabat untuk makan jadi lebih sedikit dan itu sangat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ide bagus bukan?

2. Biji Gandum Utuh
Gandum utuh merupakan sumber serat terbaik lainnya, dan sangat bermanfaat membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan gandum olahan. Saat membeli produk-produk dari gandum, pilih yang bertuliskan 'whole' pada kemasannya. Produk yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum, pasta gandum atau beras merah menyediakan serat, vitamin dan mineral lebih banyak. Sahabat disarankan mengonsumsi gandum utuh kira-kira empat hingga lima porsi sehari.

3. Daging & Protein
Daging dan sumber protein lainnya bisa menyumbang kalori berlebih jika tidak dikonsumsi secara benar. Ketika membeli daging merah, pilihlah potongan yang tipis, misalnya jenis loin (sirloin, tenderloin). Sementara untuk daging ayam, pilih bagian dada yang lebih sedikit lemak dan buang kulitnya.

Pilihan protein sehat lainnya adalah ikan-ikanan, putih telur dan biji-bijian kering. Biji-bijian seperti kedelai, polong, buncis dan kacang merah termasuk protein yang rendah lemak, tapi tinggi serat yang membantu perut lebih cepat kenyang meskipun dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Bagaimana? masih mau mengikuti program diet yang lama? Jika memang tidak mengurangi asupan nutrisi untuk tubuh silahkan dilanjutkan. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment