Advertising

Saturday, September 8, 2012

Cara Pintar Agar Gaji Tak Cepat Habis

Semua orang selalu berusaha agar mengendalikan pengeluarannya tiap bulan dengan menyesuaikan dengan jumlah gaji yang diterima. Jangan sampai peribahasa besar pasak daripada tiang menimpa anda. Melakukan perencanaan mutlak diperlukan untuk mengatur keuangan anda agar tetap sehat meskipun ditanggal tua. Tentu saja menyalahkan perusahaan kita yang menggaji kita terlalu kecil bukan jawaban yang tepat, mengapa gaji kita sering habis padahal baru menginjak tengah bulan.

Sebenarnya perusahaan kita sudah menggaji kita dengan layak, namun titik masalahnya justru ada pada kita sendiri yang masih terlalu banyak pengeluaran yang justru bisa dibilang tidak penting atau bisa ditunda. Dibawah ini ada beberapa cara agar bisa mengontrol keuangan anda tiap bulan, semoga bermanfaat.

1. SISIHKAN GAJI
Alokasikan dana sekitar 10-30% dari total gaji anda, lalu masukkan ke rekening bank anda. Untuk dana ini, sebaiknya masukkan ke rekening anda yang tidak ada fasilitas ATM nya. Agar anda tidak tergoda untuk mengambilnya. Memang tidak mudah, namun hal ini bisa dilatih. Paksa diri anda untuk menabung, ini untuk kebaikan anda sendiri.

2. BUAT PRIORITAS
Buatlah list pengeluaran bulan depan ditiap akhir bulan. Urutkan kebutuhan anda dari yang terpenting ke hal yang lebih bisa ditunda. Dahulukan membayar tagihan-tagihan wajib per bulan dibandingkan untuk memenuhi kepuasan berbelanja anda.

3. JANGAN BELANJAKAN SEKALIGUS
Sebelumnya anda sudah membuat renca belanja anda, berusahalah tetap pada rencana dan paksa diri anda untuk mentaati rencana yang sudah anda buat. Setelah anda menerima gaji, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membayar tagihan pada daftar nomor satu, lalu ke nomor dua dan seterusnya. Setelah list tagihan telah terbayar, baru anda ke rencana belanja, ingat, jangan langsung menghabiskan semua gaji anda. Tetap kendalikan keingainan belanja anda, belajarlah mengendalikannya.

4. BIJAK SAAT BELANJA
Ingat, jangan beli karena keinginan, namun belilah karena kebutuhan. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke dept. store atau ke supermarket, buatlah lagi daftar belanja anda. Liha sekeliling anda, buat list kebutuhan, bukan list keinginan. Terus latih diri anda untuk patuhi list itu, jangan biarkan diri anda melanggar sendiri peraturan yang telah anda buat sendiri.

5. BELANJA SESUAI KEMAMPUAN
Jadikan uang yang telah anda terima bulan ini sebagai ukuran anda membuat list kebutuhan tadi. Jangan jadikan uang atau bonus yang akan anda terima kelak, atau bulan depan sebagai acuan. Hati-hati dengan ini, ini bisa jadi bumerang buat anda. 

6. BATASI PENGGUNAAN KARTU KREDIT
Kemudahan berbelanja yang ditawarkan kartu kredit kadang bisa menjebak anda. Tidak disarankan memiliki lebih dari satu kartu kredit jika anda tidak mampu mengontrol dahaga belanja anda. Ingatlah akan ada tagihan di bulan depan karena apa yang anda belanjakan bulan ini. Hitung ulang angsuran tiap bulannya setiap akan transaksi, pastikan semua masih dalam kontrol anda.

7. INVESTASI
Daripada uang anda habis dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting dan bisa ditunda, sebaiknya anda memutar uang anda dengan cara investasi. Asuransi, Reksadana, Deposito adalah cara cerdas menabung di masa kini. Hal ini jauh lebih bermanfaat bagi anda dalam jangka waktu panjang daripada anda puaskan hobbi berbelanja anda.


Sumber

No comments:

Post a Comment