Advertising

Sunday, September 9, 2012

Cara Cerdik Bagi Waktu Bagi Wanita Karir

Sungguh bukan perkara mudah bagi seorang wanita yang juga bekerja dikantor untuk bisa membagi waktunya untuk keluarga dan urusan kantor. Namun bukannya tidak mungkin bisa kan? Dan harus bisa. Hal ini dipersulit lagi jika sudah memiliki buah hati yang butuh perhatian ekstra dirumah. Jika sudah demikian, menjadi supermom yang bisa membagi waktu untuk pekerjaan, anak dan suami mutlak diperlukan seorang wanita karir.

Coba simak sebuah studi di Inggris yang mengungkapkan hasil yang mengejutkan. Seorang wanita karir hanya punya waktu sekitar 1 jam 21 menit atau 81 menit saja untuk keluarganya dirumah. Menaggapi hasil penelitian ini, Dr. Sandra Wheatley seorang psikolog anak dan keluarga angkat bicara," Menurutku tugas menjadi orangtua bukan hanya pada berapa banyak waktu yang dicurahkan untuk anak dan keluarga, namun lebih kepada anak bisa mendapatkan waktu untuk bersenang-senang dengan orangtua mereka".

"Jika seorang ibu setelah pulang dari kerja lalu menghabiskan waktu 45 menit untuk bermain dan bersenang-senang dengan anak-anaknya, itu sudah cukup", ungkapnya. "Yang penting sisa waktu mereka dihabiskan untuk anak-anak mereka", imbuhnya.

Seperti yang dikutip CareerAdvice.Monster ada baiknya anda para wanita karir memiliki perencanaan untuk memanfaatkan waktu anda yang sempit itu, berikut caranya:

Makan Malam Bersama
Usahakan selalu ada momen ini selepas anda dan suami berada dirumah. Saat memasak buat porsi minimal cukup untuk dua kali makan bersama, hal ini bisa menghemat waktu anda. Sisa makanan bisa anda bekukan di lemari es, jika ingin menyajikannya lagi tinggal menghangatkan saja. Tinggal kreatifitas anda untuk memberi sedikit sentuhan berbeda agar tidak bosan.

Siapkan Menu Makanan dari Malam Sebelumnya
Dengan memikirkan menu sejak dari malam sebelumnya anda bisa memperhatikan juga nilai gizi yang baik untuk buah hati anda dan keluarga, libatkan juga pendapat suami tentang hal ini. Dan tentunya bahan-bahannya anda sudah mempersiapkan sebelumnya juga.

Ajarkan Si Kecil Mandiri
Tergantung juga usia dari si kecil, saat telah menginjak 6-7 tahun, mulailah untuk mengajarkan bagaimana untuk mandiri. Seperti buang air kecil dan besar sendiri, memakai bajunya sendiri, mandi sendiri, makan sendiri, ajarkanlah bagaimana sebaiknya melakukan hal itu secara benar. Sehingga akan memberikan anda sedikit waktu tambahan untuk lebih menyiapkan kebutuhan dia di sekolah nanti, seperti bekal dan sebagainya.

Merencanakan Waktu Kerja
Usahakan sebisa mungkin minimalisir lembur di kantor. Saat buah hati anda sedang membutuhkan anda dirumah, atau sedang sakit jangan sungkan untuk mengkomunikasikan dengan pimpinan untuk meminta izin segera pulang kerumah.

Memiliki Waktu Berkualitas
Meskipun sedikit waktu anda untuk keluarga buat momen itu berkualitas dan menyenangkan. jangan ragu untuk merencanakan rekreasi bareng keluarga di akhir pekan. Selain mengusir kepenatan, ini juga sangat bermanfaat untuk lebih dekat dengan keluarga terutama si kecil.

Punya Waktu Untuk Diri Sendiri
Tetap sediakan waktu untuk anda pribadi. Sebagai wanita anda juga membutuhkan untuk merawat diri dan bersosialitas dengan rekan dan saudara. Agar bisa seiring, ajak buah hati anda saat anda berkunjung ke rumah rekan atau saudara. Atau saat anda pergi kesalon untuk perawatan, libatkan peran suami juga untuk membantu anda.

Tetap Mesra Dengan Suami
Paling tidak anda membutuhkan waktu satu bulan sekali hanya untuk pergi berduaan tanpa melibatkan si kecil. Hal ini terlihat sederhana namun besar sekali manfaatnya untuk tetap menjaga kehangatan rumah tangga anda dengan suami. Anda bisa menitipkan si kecil ke orang tua atau saudara sesekali waktu. Tetap lah memberikan perhatian anda ke suami, meski hanya sekedar membicarakan kegiatan suami, dan kondisi kantor suami. Tak ada salahnya anda sesekali menyiapkan surprice untuk suami, meskipun tak ada momen special.



Sumber

No comments:

Post a Comment