Advertising

Thursday, August 16, 2012

Tips Sukses Interview Terbaru



Belum mendapatkan pekerjaan bukan berarti suatu keburukan atau aib, tetapi lebih kepada keuntungan. Karena Anda masih diberi kesempatan untuk memilih dimana calon tempat bekerja yang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda. Tetaplah berfikiran positif dan berhentilah menyalahkan dan merendahkan diri Anda sendiri, itu kuncinya untuk sukses.

Interview merupakan salah satu faktor penting penentu seseorang diterima atau tidak dalam suatu proses perekrutan karyawan baru. Oleh karena itu persiapan yang dilakukan harusnya benar-benar prima. Tak sedikit dari mereka yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata, kemampuan akademis yang sangat bagus tetapi gagal diterima karena proses yang  sering disebut wawancara ini. Sikap, karakter, kematangan Anda dalam berfikir secara tidak langsung sangat mempengaruhi hasil yang didapat saat wawancara.

Coba terapkan beberapa tips dibawah ini untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan para interviewer untuk bergabung di perusahaan mereka.

1. TIBALAH LEBIH AWAL
Jika anda diminta datang jam 8.00 pagi maka paling tidak Anda harus sudah datang di tempat interview 15 menit sebelum jam 8.00 pagi. Waktu yang tersisa itu bisa Anda gunakan untuk mengatur nafas, mengatur emosi Anda, dan memfokuskan pikiran Anda untuk menghadapi interview ini. Tetaplah tenang, tidak perlu gugup, dan tetaplah berfikiran positif.

2. JABAT TANGAN INTERVIEWER DENGAN TEGAS
Saat telah menerima panggilan dari interviewer, tugas pertama yang harus Anda lakukan adalah menjabat tangan interviewer dengan tegas dan tersenyumlah lalu sapalah interviewer. Dan ingat, tetap tatap mata interviewer. Tidak apa-apa, tidak usah takut. Justru disinilan Anda dinilai mental Anda. Selanjutnya, biarkanlah interviewer yang memulai interview itu.

3. JAWABLAH PERTANYAAN DENGAN SINGKAT DAN JELAS
Dalam beberapa pertanyaan yang diajukan, hampir keseluruhan membutuhkan jawaban yang singkat dan jelas, bukan jawaban yang bertele-tele. Misalnya: "Apa alasan Anda keluar dari pekerjaan Anda sebelumnya?" atau "Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda?" dan masih banyak yang lainnya. Usahakan menjawab dengan tetap pada jalurnya, jangan melebar atau malah memberikan jawaban yang membuat interviewer bingung atau jawaban yang malah menimbulkan pertanyaan baru.

4. AKTIF DALAM PERCAKAPAN
Meskipun posisi Anda disini sebagai calon pelamar, bukan berarti Anda tidak boleh mengajukan pertanyaan kepada interviewer. Justru jika Anda berani bertanya kepada interviewer akan menambah point plus untuk Anda. Namun tetap perhatikan waktu yang tepat. Jangan membalas pertanyaan dengan pertanyaan. Tapi ciptakan hubungan yang akrab dengan interviewer dengan mengajukan pertanyaan mengenai misalnya: tentang peraturan perusahaan, kebijakan perusahaan yang Anda dapatkan jika Anda diterima bekerja disana (tunjangan, jamsostek).

5. TETAPLAH RENDAH HATI
Meskipun Anda mempunyai pengalaman yang lama dibidang Anda, tetaplah merendah jangan membanggakan atau merasa hebat dengan meremehkan persyaratan dan pertanyaan yang diberikan interviewer. Jika keadaannya demikian, harusnya ini kesempatan Anda nutuk bisa menjawab dengan jawaban yang excellent dan mengesankan karena pengalaman yang Anda miliki. 



6. PERLIHATKAN MINAT DAN SEMANGAT
Selalu usahakan Anda terlihat semangat dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan interviewer. Dan tunjukkan minat Anda terhadap perusahaan yang sedang mewawancarai Anda. Dan ceritakan keseriusan Anda dengan menyukai tantangan baru diperusahaan tersebut.

7. MENETAPKAN HARAPAN ANDA
Ini point terpenting. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi form yang berisi informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk menyeleksi calon pegawainya, seperti salary yang diinginkan berikut fasilitasnya. Jangan mematok jumlah yang tidak rasional, itu sama saja Anda bunuh diri. Ada baiknya Anda mempertimbangkan kemampuan Anda dengan jumlah yang pantas dibayarkan kepada Anda. Ada baiknya juga jika sebelumnya Anda sudah mengetahui standart salary yang diterima dari perusahaan itu dari karyawan atau internet. Misalnya Lulusan SMU salary berapa, lulusan D3 salary berapa, S1 berapa, dst. Update informasi tentang ini, karena pasti ditanyakan.

8. JANGAN MENCERITAKAN KELEMAHAN PERUSAHAAN SEBELUMNYA
Setiap perusahaan pasti tidak ingin kelemahannya diketahui banyak orang atau sampai didengar oleh kompetitor. Menceritakan keburukan orang lain akan menjadi point negatif bagi Anda jika Anda terpancing dengan type pertanyaan seperti ini. Siapkan lah jawaban yang intinya menolak secara halus untuk menceritakan kelemahan perusahaan sebelumnya atau hanya menceritakan hal yang baik-baik saja. Jika Anda terpancing menceritakan kelemahan perusahaan sebelumnya, asumsi yang diterima interviewer adalah jika suatu saat nanti Anda resign dari perusahaannya, maka Anda juga akan menceritakan kelemahan perusahaannya kepada perusahaan baru Anda nantinya. Berhati-hatilah...

9. UCAPKAN TERIMA KASIH
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk wawancara di perusahaan tersebut. Dan tetaplah menunjukkan rasa ingin bergabung Anda ke perusahaan tersebut meskipun nantinya Anda tidak diterima atau Anda sendiri yang tidak berminat dengan perusahaan itu.

10. YAKIN DITERIMA
Apapun hasil dari wawancara yang Anda ikuti, adalah mutlak keputusan perusahaan yang menilai Anda. Biasanya mereka akan menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Jika Anda tidak diterima di perusahaan A, belum tentu Anda tidak diterima di perusahaan B. Tetaplah berfikiran positif bahwa Anda akan diterima.

Selamat mencoba dan sukses selalu untuk Anda. Salam.

No comments:

Post a Comment