Advertising

Saturday, August 25, 2012

Ini Sebenarnya Arti Kata Tong Fang



Tahu dong Klinik Tong Fang?
Ya benar, klinik yang menjadi trending topik di twitter akir-akhir ini dan dijadikan parodi yang kocak abis. Kalo anda sering menyebut kata Tong Fang, tahu tidak apa sebenarnya arti kata Tong Fang? Jangan-jangan tidak tahu artinya, asal ngomong aja karena ikut-ikutan? Tenang saja, tidak masalah temannya banyak kok. Hehehe

Dalam bahasa mandarin, kata Tong Fang sebenarnya berasal dari kata "Dong Fang". kata "Dong" berarti Timur, dan "Fang" berarti Sebelah. Jadi Dong Fang artinya sebelah timur. Dalam hal ini sebelah timur yang dimaksud adalah dataran China.

Di Asia sebelah timurnya bisa berarti Jepang, China, Korea. Tapi maksud Dong Fang disini lebih mengarah pada China. Secara harfiah berarti pengobatan dari Negeri China.

Namun jika berasal dari kata Dong fang, mengapa di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan Tong Fang? bahkan di plakat Kliniknya sendiri jelas tertulis dengan nama Tong Fang. Begini, jadi karena huruf "d" dalam mandarin itu dibaca"t", mungkin karena logatnya maka bacanya menjadi Tong Fang. "Karena bacanya Tong Fang, mungkin agar lebih familiar ditulislah dengan kata Tong fang disini. Jadi nulisnya pakai huruf "t", kata seorang pengguna bahasa mandarin.

Seperti diberitakan, Klinik Tong Fang dijadikan parodi di jejaring sosial Twitter sebagai bentuk respons masyarakat terhadap pelanggaran yang mereka lakukan. Belakangan stasiun televisi yang menayangkan iklan mereka disemprit oleh KPI karena iklan Klinik Tong Fang berisi testimonial si pasien. Hal ini melanggar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1787 Tahun 2010 mengenai Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan.

Berikut kumpulan parodi-parodi paling populer Klinik Tong Fang















Sumber

No comments:

Post a Comment